Rabu, 19 Agustus 2015

ASAL NAMA KERINCI



Melestarikan Adat Lamo Pusako Usang Bangkitkan Batang Terandam
Ada tradisi Seremonial “Mandi Balimau” Kenduri Sko Tanah Mendapo Semurup


Seiring balam dengan merbah balam lalu merbah mandi seiring salam dengan sembah sembah lalu salam kembali. Ba ktik ayam dipagu timdak dimuko tanggo ayam bakukuk agi ragu apolagi sayo serayo melarehkan mengernahkanyo. Yang kito lestarikan adat budaya kito
Tatkalo maso agi dulu, Kurinci tu lum banamo Kurinci, agi banamo Alam Kunci, Sulak itu belum banamo Sulak, agi banamo padang jambu alo (ala panjang dan ala pandak); Kemantan itu belum banamo kemantan, agi banamo Pasir Tarentang urang batalang Manio, Rawang itu belum banamo Rawang, agi banamo Padang Serai Munanti, Riang itu belum banamo Riang agi banamo Bukit Kajang Selapak urang bakuto Kuto Jalatang, Sungai Penuh itu belum banamo Sungai Penuh agi banamo Padong Imbo Lulong, urang bapondokkan Pundok Tinggi orang bakuto Koto Pandan, mandangkan Kuto Limau Manih. Semurup itu belum banamo Semurup, agi banamo antau limau purut urang ba Koto Payung Semurup Tinggi. Mako adonyo Ninek Ajo banamo Sangadu Dubalang Mako Ninek Ajo bardiri urang Koto Payung Semurup Tinggi.
Ninek Ajo berdiri banamo Sungadu Dubalang dengan saudaronyo yang perempuan yang 3 urang (1). Ninek Besi (2). Ninek Suri dan (3) Ninek Baik. Alam semurup Mako adanyo mengingat kato adat mengato Alam barajo/dikuasai rajo, Luhah bapanghulu /dipegang depati), kampung batuo, rumah bataganai.
Ninek Ajo banamo Sangadu Dubalang Rajo Simpan Bumi 3 anak :
1) Ajo Tingkih
2) Ajo Masiah
3) Ninek Pelatik
1) Karjen ninek Ajo Rumah Pesusun ado Sigumi batujuh Suku Mangku Rajo kalbunyo 1) Sigumi Tuo 2) Sigumi Qudrat 3) Sigumi Tanah Jambi 4) Sigumi Karang Setio, 5) Sigumi Tanah Mendapo 6) Sigumi Tanah Napuro 7) Sigumi Merajo Bungsu. “Orang melukis dibangkahulu tarikkan benang jadikan pakaian terlukis sejak dulu tinggan mengikut kito kemudian” Sigumi batujuhlah berada di Rumah Pesusun Tigo Luhah Yaitu Rumah Celak Rumah Piagam Tigo Luhah Semurup Karjen Ninek Ajo.
Pegangan kaduduk Sigumi yang tujuh dalapan mangku rajo tuo didalam rumah nan tigo ruang didalam karjen di Rumah Pesusun.
Sigumi ba tujuh delapan Mangku Rajo Tuo duduk samo rendah tegak samo tinggi titah kerjonyo berlainan.
1. Sigumi setio-setio memagangkan rumah nan sati penganjung nan kuramat dengan duduk barasilo menghadap asap membumbung kamanyan nan babaun manulak bala dari hilir dengan mudik kudarat dengan di lembak yang tercurek dari langit tabangkah dari bumi.
2. Mangku Rajo Tuo memagangkan cerpu dengan sati bunyi nan kuramat suaro dingan nyaring mamanggin mendah dingan jauh mengimbau yang dekat tagak sapanjang jalan mengingat anak buah anak punakan didalom luhah nan batigo; Menjalankan Perintah Dari Rajo
3. Sigumi Kudrat memegangkan titah rajo manghatkan kato sigumi nan Tujuh delapan Mangku Rajo Tuo. Mako jatuhlah Titah Rajo kepado Sigumi Kudhat memegangkan keris satu Ulu yang baracipang Tigo tando Tigo Luhah . tatkali duduk panghulu Nan batigo didalam tigo luhah Rumah Rajo barulah sigumi kudrat mendampingi basamo dingan panghulu nan batigo mambao titah dingan sati.
4. Sigumi Tanah Jambi memegangkan kato dengan sati Gawe dengan karamat. Dialah sepatah membuat undang dingan titah sigumi nan tujuh delapan mangku rajo tuo mano yang dulu tetap dulu mano yang kadian tetap kadian; setelah undi lah saluku kato lah mufakat barulah undang ini dihatkan oleh sigumi kudrat.
5. Sigumi Tanah Mandapo memegangkan syarak dengan terang llek dingan nyato yang membunuh kaki empat di Pasugu rajo sapatah idak bulih di ulang namun lek tetap dilangsung.
6. Sigumi Tanah Napuro memegangkan Lek dingan ramai barakato dengan jleh menjalan titah dingan sati lek dingan tari bunyi gung dingan kuramat menyampaikan titah dari rajo kepada anak buah anak kemanakan di luhah nan batigo
7. Sigumi Tuo manuokan Gawe digan karajetnyo manghitung limau dengan menghatnyo.
8. Sigumi Tanah Bunsu memegangkan dubalang Rajo mendampingi rajo sedang duduk memegang pedang telanjang, di umah pasusun 3 luhah. Lalu proses acara kenduri sko di lanjutkan di Lembaga Adat 4 jenis dalam negeri Balai Adat yang menganjung.
2Ajo Masiah ado anak yaitu Ninek Ngkasah (Depati Sigumi Tuo), Ninek Muncak (Depati Sigumi Rajo), Ninek Sibna ( Depati Cayo Mangkuto,) Ninek Ilang Dilaut banamo Indra Andum Laksana Gelar Depati Rajo Simpan Bumi. Suku Rio Mudo.
Mako Semurup adonyo Luhah Nan Tigo
(1). Luhah Depati Rajo Simpan Bumi Banamo (Luhah Anak Jantan) pangket Memegang Syara’ seluko “Mesjid yang Memuncak”
(2) Luhah Depati Kepalo Sembah (Luhah Anak Batino) Memegangkan adat, seluko“Balai Adat Yang Menganjung”
1.Ninek Suri 2. Ninek Besi 3. Ninek Baik dan para turunannya yang lain
(3) Luhah Depati Mudo (Memegang undang-undang uteh bateh) seluko ”Lapangan Yang Menghijau”
Depati Semurup Limo Beradik
1. Depati Semurup Tuo
2. Depati Semurup Tanah Pilih
3. Depati Semurup Putih
4. Depati Semurup Anggonalo
5. Depati Semurup Au Malilo
Semurup kotak yang enam ditunggu Depati Batigo Urang Pamangku Yang Baduo Ninik Mamak Paramenti Yang Selapan.
Mano dikato kotak yang enam?
Paratamo di Koto Datuk, kaduo, di Koto Mudik, katigo, Koto Tengah, , kaempat di Koto Cayo, kalimo di Koto Dair, ka enam di Koto Duar
Mano Depati Batigo Urang?
Paratamo Depati Mudo, Kaduo Depati Kupalo Sembah, Katigo Depati Rajo Simpan Bumi.
Mano pamangku yang baduo?
Paratamo Pamangku Rajo Tuo,
Kaduo Pamangku Kepalo Rajo dinge balik ke Muara Semerah.
Mano dikato ninik mamak paramenti yang selapan?
Paratamo, Ijung Pati Jadi Tuo,
Kaduo Ijung Tuo,
Katigo Ijung Panjang,
kaempat, Ijung Mamat,
kalimo, Ijung Malano,
kaenam, Ijung Kecik,
katujuh, Ijung Pajinak,
kalapan, Ijung Karti.
Satu, Depati Rajo Simpan Bumi,
Apu ka gedong dio dio megangkan lantak idak guyah megang, kait yang idak sekah, megangkan tali idak putuh, apu pangket uma gedang dio disitu tataruh kungkung padi yang gedang, disitu tataruh tanduk kerbau yang sabuah disitu tataruh cermin yang amat terang disitu tataruh terapong yang amat teruh, menerupong anak buah anak kemenakan.
Kaduo, Depati Kepalo Sembah apo ka gedang Dio disitu tataruh kapokat yang gedang disitu tataruh ambung yang liba, apo pangket umah gedang dio namonyo rek warnanyo intan gum Gumalo Bumi Rajo.
Katigo, Depati Mudo apu kagedong dio?
Megang kerat kudungbgabung tanah pancung sulor rendam sati, pancang areh random kudalam tebu panjang kuladi bisi, apolah pangket umah gedang dio disitu tataruh pisau kulam yang sabilah, disitu tataruh tembo utan tembo tanah, disitu tataruh iku kain kepalo kain(karamentang) artinya lapangan ngan menghijau memegang undang2 uteh bateh semurup.
Depati Mudo duo dukung empat anak, mano dikato dukung yang duo?
Paratamo: Sutan Depati Tuo
Kaduo: sutan Depati Kepalo Rajo
Mano dikato anak yang empat?
Paratamo: Datuk Kayu Hitam
Kaduo: Datuk Dewo Nyato
Katigo: Datuk Mentin Ilang Dilaman
Kaempat: Datuk Panghulu dinge balik ke Sulak Mukai Ilir.
Mako sejak pernikahan Syeh Mahkoto Sati di Gunung Talang Malindung dingen Puti Salih Manjuto Urang Koto Payung Semurup Tinggi, mako sejak itu pulolah namo Puti Datu Sati isteri pertamo Syekh mahkuto Sati berubah menjadi Puti Ibo Hati karena junjungan hidup lah mempersuting puti lain mako bersedihlah meratap lah ninik ibo hati.
Mako berdiri susunan tahta kerajaan luah kampung batuo keturunan Syeh mahkuto Sati di rumah celak piagam Ijung Pajinak nan Sati dengan bunyi sumpah “Setikam baknyo keris sepancung baknyo pedang, kalau ka ateh samo bapucuk kebawah samu sabatang dalam sati kito basamo mano yang tuo kito tuokan mano yang mudo kito mudokan di dalam duduk kito busamo di dalam adat yang taliti kato dalam mufakat, lah muleh air di pamuluh lah getu kato di mufakat, betul kato adat sah kato sarak itulah ico pakai kito setelah buat dingen janji dengan sumpah wateh dingen bateh antaro Koto Payung Semurup Tinggi dingen Urang Talang Melindung “ Ili Bukit Kpak Aie Sekungkung Mati, Kalu Mudik Bukit Rambai, Kudarat Bukit Hijau, Kelembak Pusat Laut.(****).

NIKAH SUMBANG ADAT SEMURUP KERINCI - JAMBI



A.NIKAH SUMBANG

Nikah sumbang adalah pernikahan yang terjadi antara seorang anak perempuan dengan paman nya. Dalam pernikahan ini sering terjadi karena adanya perjodohan dari kedua belah pihak orang tua. Sehingga pernikahan itu terjadi. Di dalam acara pernikahan nikah sumbang hampir semua nya sama dengan pernikahan biasanya,yaitu adanya perjodohan setelah dijodoh kan apabila kedua orang tersebut sudah setuju untuk menikah,maka dilanjutkan dengan acara pertemuan antara kedua keluarga besar.

Yang dalam acara tersebut sicalon suami yang akan diprteukan langsung dengan calon Istri,apabila telah bertemu maka akan di bahas langkah-langkah selanjut nya yaitu Melaksanakan pertunangan yang dalam hal ini biasa langsung pada saat itu juga dan biasa Pada lain hari tergantung kesepakatan bersama. Setelah pertunangan baru lanngsung Kapandilangsungkan pernikahan tersebut.


B. ADAT ISTIADAT DALAM NIKAH SUMBANG

Adat istiadatnya semuanya sama dengan nikah biasa yaitu lamaran, pertunangan, pemberitahuan kepada seluruh masyarakat desa baru dilaksanakan pernikaahan itu sendiri. Di dalam proses pernikahan atau ijab kabul harus ada kesepakatan terlebih dahulu antara pihak laki – laki dan pihak perempuan, baik itu tentang acara sampai ke masalah mahar yang dipergunakan dalam pernikahan tersebut.

Didalam pernikahan sumbang sama saja dengan pernikahan biasa yang mebedakan hanya orang yang menikah itu memiliki hubungan yaitu antara keponakan perempuan dengan pamannya.

Paman disini bukan berarti adik kandung ibunya sendiri atau adik kandung ayahnya, melainkan adik sepupu jauh dari ibunya. Maksud dari sepupu jauh adalah masih memiliki hubungan keluarga tapi yang bukan keluarga dekat

C.ANAK HASIL DARI NIKAH Sumbang

Disini apabila lahir seorang anak dari nikah sumbang maka pada saat acara aQiQahan atau pada acara turun mandim maka akan di adakan acara adat yang di beri nama ”BUDENDO”. Budendo maksudnya disini di minta hutang oleh ninik mamak sanak jantan kepada orang yang melaksanakan nikah sumbang, yaitu dengan uangt logam, satu batang pisang langsung akarnya yang pisang tersebut digantungkan satu sisir pisang, satu batang tebu, satu biji kelapa dan bermacam – macam lagi yang lainya pohon pisang tersebut ditanam didepan rumah orang yang di dendo tadi.

Sebelum acara makan dimulai maka di depan rumah tadi akan dilaksanakan proses adat tersebut di mana ninik mamak pumisan geto akan meminta denda kepada sanak jantan orang yang melaksanakan pernikahan tersebut dengan cara memakai baju adat, memakai keris dan pedang ninik mamak dan pumisan geto menagih didepan pintu pagar bahwa yang berhak menikahi perempuan yang melahirkan anak tadi adalah pumisan getonyo, tapi kenapa malah menikah dengan paman, disini pumisan meminta denda, lalu terjadilah debat antara ninik mamak, pumisan geto dengan sanak jantan dan disin sanak jantan meminta maaf serta memberikan ganti rugi atau denda berupa uang dan dipersilakan untuk menebang pohon pisang yang telah ditanam tadi sebelum pisang ditebang terjadi perebutan antara ninik mamak dengan pumisan geto sehingga di laksanakan acara silat dahulu setelah baru pubisan geto dipersilakan menebang pohon pisang dan mengambil buah – buahan yang dia inginkan.

Setelah acara budendo baru bisa dilaksanakan acara sukuran yaitu bersukur karena telah dikarunia anak dan mendo’a mudah – mudahan anak tersebut bisa berguna bagi orang tua dunia dan akhirat.

SEJARAH KABUPATEN KERINCI



Kabupaten Kerinci adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jambi, Indonesia. Kerinci ditetapkan sebagai Kabupaten sejak awal berdirinya Provinsi Jambi dengan pusat pemerintahan di Sungai Penuh. Pada tahun 2011, pusat pemerintahan berpindah ke Siulak.[3] Kabupaten Kerinci memiliki luas 3.355,27 km² terdiri atas 12 kecamatan.
Rumah controleur (pegawai kolonial di Hindia Belanda) Kerinci pada tahun 1931-1938
Berdasarkan Catatan China menyebut ada sebuah negeri yang bernama Koying yang berdiri di Abad 2 SM terletak disebuah dataran tinggi dan memiliki Gunung api. Beberapa Ahli berpendapat bahwa Koying identik dengan dataran tinggi Kerinci.[4] Abad 14 M, Kerajaan Dharmasraya mulai menetapkan undang-undang kepada para Kepala suku atau luhah disetiap dusun di Selunjur bhumi Kurinci, Kepala suku tersebut disebut sebagai Depati sebagaimana yang tercantum dalam kitab Undang-undang Tanjung Tanah. Menurut Uli Kozok, negeri Kurinci atau Kerinci tidak sepenuhnya dibawah kendali Dharmasraya, para Depati tetap memiliki hak Penuh atas kekuasaannya, penetapan Undang-undang disebabkan Kerajaan Dharmasraya ingin menguasai perdagangan emas yang saat itu melimpah ruah di Bumi Kerinci.[5] Abad 15 M, Kerajaan Jambi mulai memegang kendali atas Para Depati di Bumi Kerinci, Kerajaan Jambi yang berada di Tanah Pilih, Kota Jambi sekarang. Menunjuk Pangeran Temenggung Kebul di Bukit sebagai wakil Kerajaan Jambi di wilayah hulu berkedudukan di Muaro Masumai, untuk mengontrol dan mengendalikan para Depati di Kerinci Rendah dan Kerinci Tinggi. Para depati yang dulunya terpisah-pisah dalam sebuah kampung atau kelompok kecil disatukan dalam pemerintahan yang dibuat oleh Kerajaan Jambi, Pemerintahan ini disebut dengan Pemerintahan Depati Empat,berpusat di Sandaran Agung. Abad 16 M, Terjadinya perjanjian di Bukit Sitinjau Laut antara Kesultanan Jambi yang diwakili oleh Pangeran Temenggung,Kesultanan Inderapura diwakili oleh Sultan Muhammadsyah dikenal dengan sebutan Tuanku Berdarah Putih dan Alam Kerinci diwakili oleh Depati Rencong Telang dan Depati Rajo Mudo. Isi Perjanjian tersebut intinya untuk saling menjaga keamanan antar tiga wilayah sebab saat itu banyak para penyamun dan perompak yang berada di jalur perdagangan antara Kerinci-Indrapura maupun Kerinci-Jambi. Abad 17 M, terbentuk Pemerintahan Mendapo nan Selapan Helai Kain yang berpusat di Hamparan Rawang, serta beberapa wilayah Otonomi tersendiri seperti Tigo Luhah Tanah Sekudung di Siulak, Pegawai jenang Pegawai Raja di Sungai Penuh .Tahun 1901 M, Belanda Mulai Masuk Ke Alam Kerinci melewati renah Manjuto di Lempur hingga terjadi peperangan dengan beberapa Pasukan Belanda, Pasukan Belanda gagal memasuki Alam Kerinci. Tahun 1903 M, Belanda berhasil membujuk Sultan Rusli, Tuanku Regent sekaligus menjabat Sultan Indrapura untuk membawa pasukan Belanda ke Alam Kerinci dengan tujuan agar tidak terjadi perlawanan dari rakyat Kerinci. Ternyata yang terjadi sebaliknya, Perlawanan Rakyat Kerinci begitu hebatnya hingga terjadi peperangan selama Tiga bulan di Pulau Tengah. Peperangan Pulau Tengah dibawah komando Depati Parbo memakan korban perempuan dan anak-anak yang begitu banyak setelah Belanda membakar habis Kampung tersebut.[6] Tahun 1904 M, Kerinci takluk dibawah pemerintahan Belanda setelah kalah Perang dan Depati Parbo di Buang Ke Ternate
Pada masa pemerintahan Hindia-Belanda, Kerinci masuk ke dalam Karesidenan Jambi (1904-1921), kemudian berganti di bawah Karesidenan Sumatra's Westkust (1921-1942). Pada masa itu, Kerinci dijadikan wilayah setingkat onderafdeeling yang dinamakan Onderafdeeling Kerinci-Indrapura. Setelah kemerdekaan, status administratifnya dijadikan Kabupaten Pesisir Selatan-Kerinci. Sedangkan Kerinci sendiri, diberi status daerah administratif setingkat kewedanaan.[7]. Kewedanan Kerinci terbagi menjadi tiga Kecamatan yaitu 1. Kecamatan Kerinci Hulu terdiri dari Kemendapoan Danau Bento, Kemendapoan Natasari, Kemendapoan Siulak (Wilayah Adat tanah Sekudung serta Kemendapoan Semurup 2. Kecamatan Kerinci tengah terdiri dari Kemendapoan Depati Tujuh, Kemendapoan Kemantan, Kemendapoan Rawang, Kemendapoan Limo Dusun, Kemendapoan Penawar, Kemendapoan Hiang,dan Kemendapoan Keliling danau 3. Kecamatan Kerinci Hilir terdiri dari kemendapoan Danau Kerinci, Kemendapoan 3 Helai Kain, kemendapoan Lempur, dan Kemendapoan Lolo.
Pada tahun 1957, Provinsi Sumatera Tengah dipecah menjadi 3 provinsi:
  1. Sumatera Barat, meliputi daerah darek Minangkabau dan Rantau Pesisir
  2. Riau, meliputi wilayah Kesultanan Siak, Pelalawan, Rokan, Indragiri, Riau-Lingga, ditambah Rantau Hilir Minangkabau : Kampar dan Kuantan.
  3. Jambi, meliputi bekas wilayah Kesultanan Jambi ditambah Pecahan dari Kabupaten Pesisir Selatan -Kerinci : Kerinci.
Tahun 1970, Sistem Kemendapoan ( setingkat kelurahan]] yang telah dipakai sejak ratusan tahun lalu, dihapuskan. Istilah Dusun diganti menjadi desa.
Pemekaran
Kabupaten Kerinci terdiri dari 16 Kecamatan, yang terdiri dari : 1. Gunung Tujuh 2. Kayu Aro 3. Kayu Aro barat 4. Gunung Kerinci 5. Siulak 6. Siulak Mukai 7. Air Hangat 8. Air Hangat Barat 9. Depati VII 10. Air Hangat Timur 11. Sitinjau Laut 12. Danau Kerinci 13. Keliling Danau 14. Gunung Raya 15. Bukit Kerman 16. Batang Merangin
Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2008, beberapa bekas kecamatan di Kabupaten Kerinci ditetapkan untuk menjadi bagian dari Kota Sungaipenuh.
Kecamatan-kecamatan yang dimaksud adalah:

Selasa, 18 Agustus 2015

Tentang cerita hukum adat kerinci semurup



Tentang cerita hukum adat kerinci


Rambut Jatu
A.  ADAT YANG EMPAT
Adat terdiri dari empat macam yaitu:
1.        Adat sebenar adat
2.        Adat yang teradat
3.        Adat yang diadatkan
4.        Adat istiadat

1.      ADAT YANG SEBENAR ADAT
Adat yang sebenar adat yaitu adat yang berdasarkan atas Al-Qur’an dan Hadist (syarak). Adat yang bersendi syarak, syarak bersendikan kitabullah. Yang sah di pakai, betul di buang. Menurut adat syarak mengato adat memakai. Yakni adat yang berdasarkan agama, yang sesuai dengan negara kita pun berdasarkan agama, seperti tertulis dalam pancasila yaitu ketuhanan yang maha esa.
Yang sebenar adat itulah yang dikatakan, terpahat di bendul jati, yang terlukis ditiang tengah yang tidak lapuk karena hujan, tidak lekang karena panas, tidak boleh diasak, tidak boleh di anggu, diasuk mati dianggu layu.
Biar bersilang pedang di padang, beribu batu panarungan
Parit terbentang menghalangi, tertegak pagar yang kokoh
Berdinding sampai ke langit, bersilang pedang di leher
Hinggo leher telago bangkai, hinggo pinggang telago darah

Namun adat tidak boleh diasak
Adat tidak boleh diasak, pusako tidak boleh diubah. Adat jangan diasak orang lalu pusako jangan dirubah orang nempuh

2.      ADAT YANG TERADAT
Adat yang teradat yaitu adat yang berasal dari buatan nenek moyang kita dahulu, yang telah dipakai secara turun menurun, dan sebagian besar berasal dari alam minang kabau.
Menurut adat: undang-undang turun dari minang kabaru, teliti mudik dari banda jambi, adat yang empat datang alam Kerinci bertemu di Bukit Jumbak, Bukit Jumbak berimbun besi. Contoh buataan-buatan nenek moyang kita seperti cupak yang duo, adat yang empat, negeri yang empat, undang yang empat, kato yang empat

3.      ADAT YANG DIADATKAN
Adat yang diadatkan yaitu adat yang dipakai disetiap negeri. Adat sepenjang jalan, cupak sepanjang betung, lain lubuk, lain ikan, lain padang lain belalang, adat datar, pusako lepeh, namun pemakaian lain-lain.

4.      ADAT ISTIADAT
Adat istiadat yaitu adat yang dibuat dengan mufakat, dirobah dengan mufakat. Pepatah adat mengatakan bulek ayi di pembuluh bulek kato di mufakat. Bulek dapat digolekkan ditempat yang data, pipih dapat dilayangkan ditempat yang licin
Sebagian daerah mengatakan adat istiadat yaitu adat jahiliah ialah adat yang sudah ada sebelum masuk agama Islam. sorak sorai orang dalam negeri, tidak ada sopan dan santun, kcik tidak hormat kepado orang tuo, yang tuo tidak kasih kepado yang mudo, yang kuat makan yang lemah. Di kalo negeri sekelam kabut, rantau sigajah bingung.

B.     LEMBAGA ADAT
                  Dalam rangka meningkatkan pembangunan disegala bidang daerah sakti alam kerinci, peranan pemangku adat mempunyai peran yang sangat penting terutama dalam hal menjaga ketertiban, mengamankan, mengayomi masyarakat. Sebagaimana adat mengatakan tugas para pemangku adat adalah mengarahkan. Mengajun, memapah, membimbing, menghilo, membentang, serto menjernihkan yang keruh, menyelesaikan yang kusut, mematut yang silang menyusun yang renggang.
                  Untuk menyelesaikan suatu permasalahan antara anak buah anak kemenakan, hendaklah dilakukan secara berjenjang naik ber tangga turun yang dikenal dengan adat yaitu melalaui lembaga (lembago).
                  Lembaga (lembago) merupakan suatu wadah pemangku adat untuk menyelesaikan suatu permasalahan antara anak buah anak kemenakan di dalam negeri yang dilakukan secara musyawarah untuk mencapai mufakat.
                  Menurut adat Sakti Alam Kerinci bahwa lembaga terdiri dari empat macam:
  1. Lembaga Dapur (Lembaga Jati)
  2. Lembaga Kurung
  3. Lembaga Negeri
  4. Lembaga Alam
1)      LEMBAGA DAPUR
Lembaga dapur yaitu suatu wadah tempat menyelesaikan permasalahan yang terjadi antara anak buah anak kemenakan yang masih dalam lingkungan satu depati, satu ninik mamak dan satu anak jantan.
Masalah yang diselesaikan didalam lembaga dapur menurut adat yaitu air belum beriak, daun kayu belum beringgung. Untuk menyelesaikan masalah ini maka adat memberikan kewenangan kepada Depati, Ninik Mamak, Anak Jantan. Tengganai rumahlah yang berhak memutuskan atau mendamaikan sengeketa tersebut.
Menurut adat berbunyi”Kuaso ikan kareno ideh, kuaso burung kareno sayang dan rumah bertenggganai berarti anak buah anak kemenakan masih bisa sekato tengganai, atau dikuasai oleh tengganai.
Pedoman untuk menyelesaikan suatu maslaah antara anak buah anak kemenakan didalam lembaga dapur menurut adat berbunyi” mano nge tinggi mak nyu ndah, mano nge gdang mak nyu kcik, mano nge kcik mak nyu abih.
Dapat diartikan bahwa setiap masalah yang terjadi antara anak antara anak buah anak kemenakan tidak boleh masalah itu dibesarkan-besarkan dan harus kita selesaikan dengan sebaik-baiknya oleh anak jantan tengganai rumah itu sendiri.
Dalam menyelesaikan masalah antara anak buah anak kemenakan hendaknya diselesaikan melalui lembaga dapru dengan mendudukan anak jantan tengganai rumah dengan menggunakan Mas penyelesaiannya yaitu Mas Sepetai.  Mas sepetai yaitu mas anak jantan tengganai rumah.

2)      LEMBAGA KURUNG
Lembaga kurung yaitu suatu wadah tempat menyelesaikan masalah yang tenjadi antara anak buah anak kemenakan didalam kutung kampung dalam sautu suku / kalbu.
Adat mengatakan bahwa dikatakan Lembaga kurung yaitu “atap busanggit, mendun butumbuk, lebuh baulong samo di uni, samo tegenang samo dicauk, laman bersih samo ditempuh, anak buah anak kemenakan samo dipapah dalam negeri”.
Lingkup masalah yang diselesaikan didalam lembaga kurung, menurut adat berbunyi: lemban balu tpung tawa, luko dipampeh, mati dibangun, kundur batang sandaran bangun. Keruh ayi tegok ke hulu, nyintung ayi tingok ke maro, berarti masalah yang terjadi itu benar-benar kito mengetahui usul dengan asal, sebab dengan karno tidak bisa kito langsung menjatuhkan hukm, melainkan dikaji secara adat menurut ico pakai, ngimak cuntoh nge sudah, ngimak tuah nge menang. Disini mulai berlaku kcik bunamo, gedang bugelar, tidak bisa pula dilakukan sewenang-wenang apa kehendak emosi kita saja, seharusnya menurut adat yang ico kito pakai.
Adata megatokan:
Dulu rabat dengan butangkai
Kini lengkundi dengan bubungo
Dulu adat dengan dipakai
Kini kehendak hati dengan buguno
Untuk menyelesaikan masalah antara anak buah anak kemenakan haruslah diselesaikan dengan baik-baik yaitu atas suka sama suko. Adat mengatakan “bagi mano penydahnyo ateh mbuk samo mbuk, ateh suko samo suko”. Dalam menyelesaikan masalah ini maka Mas yang digunkan yaitu Mas Sekundi. Duduk yang dipakai Duduk Tingkat Ninik Mamak
3)      LEMBAGA NEGERI
Lembaga negeri yaitu suatu lembaga yang tepat menyelesaikan permasalahan yang terjadi antara anak buah anak kemenakan didalam parit yang bersudut empat,di pegang purbukalo bungkan yang empat,tigo luhah isi negeri.
Masalah yang dapat diselesaikan didalam lembaga negeri yaitu masalah yang terjadi antara anak buah anak kemenakan yang berlainan suku atau kalbu,yang tidak bisa di selesaikan pada tingkat lembaga kurung. Duduk ini dikenal juga dengan duduk batang pusko artinyo tidak bu uhang bu kami, yang benar tetap   benar, yang salah tetap salah.
      Sebagai pedoman dalam melakukan penyelesaian di tingkat lembaga negeri, sesuai dengan kata adat berbunyi:
      Kalau tumbuh silang selisih bagi mano dawahnyo, kito dawah dalom batong pusko, bagi mano kajinyo tasangkut kno tabalik lpeh io membaya idak basudah, manen bunyi kajinyo bneh setingkin ampo segenggam, bah kekiri menang kekanan, alah suci menang bebeh, beruk di rimbo kno susu anak dipangku kno buang, kato pusko idak diasak, mencari sap dengen cermin (jerami), mencari tunggun dengen marwan, mencari tuneh dengen memarap, kalu idak nyado dengen sadu itu, bia sabilik mebawo padi, padi ampo, bia seguci membawo meh meh lancung.
Pengertian kata-kata adat tersebut di atas, masalah yang terjadi harus di selesaikan secara benar dan adil, yang benar itu tetap benar tidak boleh memihak atau menegakkan benang basah, yang salah tetap di hukum menurut adat walaupun yang salah itu anak kita sendiri.
      Untuk menyelesaikan masalah pada tingkat lembaga negeri di gunakan mas yang bernama mas se emas yaitu mas depati.
      Dapat pula di jadikan pedoman dalam menyelesaikan masalah pada tingkat lembaga negeri. Adat mengatakan “ tibo di perut jangan di kempih, tibo di mato jangan di picing tibo di papan jangan berentak, tibo diduri jangan singinjek, bukato jangan ngulung lidah, bujalan jangan nginjen kaki”.
      Bagi yang ikut duduk dalam menyelesaikan masalah haruslah benar-benar menegakkan kebenaran untuk mencapai keadilan, sehingga sepermasi hukum adat benar-benar dapat ditegakkan.
4. LEMBAGA ALAM               
lembaga alam yaitu suatu wadah tempat menyelasaikan ……… anak buah anak kemenakan didalam suatu wilayah yang ……… antara negeri dengan negeri,maupun antara kecamatan
      Sebagai pedoman dalam menyelesaikan masalah menurut adat ……… adat mengatakan :’’apubilo tumbuh silang selisih mako didibawah dalom yang bu undang yaitu sari ado,sari bunamo,sari mati sari bugela,sari guntur sari kilat,sari butepuk telingo angat,sari mati bulanjo,sari butakuk,permen tanah,bukit didaki luhah diturun,kreh ditakik lunakdisudu,jingok penaki balik penurun,jingok padang di balik rimbo,jingok udang di balik batu,idak jugo sedang disitu idak buremeh bungkan diasah,idak bubreh atah dikisai,idak bukayu jenjang diengkah,pekaro ini dimajukan jugo idak jugo  sedang disitu bia terbesut ke tanah abang,tunggak kedatih bubung kebawah,lah kito tuik kito tanyo bupasirili bupadang mudik,idak jugo gsedang disitu kalu buhanyut bak air,naik balai turun mendapo,jingok masjik yang duo bleh kito takik ketanah hiang,lik bukit kajang selapak,idak jugo sedang disitu undang-undang batali galeh,teliti butali semat,dukung breh jago sangu balatak jaguk ili ku jambi jinjek semat yang duo puluh.
      Dari kata-kata adat diatas dapatlah kita tarik pengertian bahwa  masalah yang terjadi antara anak buah anak kemenakan tidak boleh dibiar kan begitu saja, maka kita selaku pemimpin harus segara menyelesaikan agar masalah tersebut tidak semakin besar,apabila kita yang salah maka kita harus mengakui dan sanggup mematuhi atau mentaati hukum yang telah dijatuh kan menurut undang-undang yang berlaku.namun apabila masalah ini atas hukum yang dijatuhkan tidak mau patuh dan tunduk maka hal ini dapat dapat dilanjutkan ketingkat yang lebih tinggi.   
      Di samping itu adat kita mengatakan: tumbuh di ceupak samo di hati, tumbuh di adat samo di susuni, tumbuh dibang pusko samo di kaki, tumbuh di undang samo dikerasi, tumbuh di syarak samo di kaji.
      UNDANG-UNDANG YANG EMPAT
Menurut adat yang ico kito pakai,  bahwa undang-undang  dapat di bagi empat di antaranya:
  1. Undang Luak
  2. Undang  negeri
  3. Undang orang dalam Negeri
  4. Undang undang yang dua puluh
  1. Undang Luak
Undang luak yaitu  undang yang mengatur bahwa setiap luak ada pemimpinnya.
Adat mengatakan : Rumah bertengganai, kampung butuo, luhah bepenghulu, negeri bebatin, alam berajo.

Rumah dikuasai oleh tengganai
Kampung di kuasai oleh tuo
Negeri dikuasai oleh bathin
Alam di kuasai oleh rajo
  1. Undang negeri
Undang megeri yaitu aturan yang mengatur syarat –syarat sahnya suatu negeri.
Adat mengatakan sahnya suatu negeri yaitu ada parit terentang, ado lebuh tepiah, ado balai yang menganjung, ado mesjid yang memuncak, ado penghulu jiwa negeri, ado hulubalang tabin negeri, ado alim ulamo suluh amat terang , ayi yang amat jernih, ado kaum adat yang memegang kunci kampung dalam negeri, nge tahu jengkun pakunyo, masuk kepetang ngluakan pagi, ado pasak serto kancin, ado anak buah kembang baik dalom negeri batu nyu sah negeri itu.
Negeri diatur, disusun oleh orang tua-tua, karena baiknya suatu ngeri sangat tergantung pada kepemimpinan dari orang tua-tua yang emngarah, mengajun, membimbing, memapah, anak buah anak kemenakan didalam negeri. Terbitnya, amannya, dan makmurnya suatu anggota masyarakat sangat dipengaruhi oleh para pemangku adat di negeri itu
Ada mengatakan: iluk negeri dek uhang tuo, ramai tapain dek uhan mudo. Uhang tua penunggu dusun, kalu dio hidup tempat butuik kalu dio mati tempat basumpah.
Iluk negeri dek uhan tuo ini mengandung makna bahwa orang tuo-tuo mempunyai peran yang sangat dominan dalam hal memberikan arahan petunjuk, bimbingan, serta menyelesaikan yang kusut, menjernihkan yang keruh, mematut yang silang, menyusun yang renggang.
Ramai tepiahn dek uhang mudo, mengandung pengertian budya orang muda yang kreatif, inovatif, terampil, berpikir jauh kedepan, melaksanakan kegiatan-kegiatan yang positif seperti kegiatan olah raga, kesenian, pengajian remaja kelompok ekonomi dan sosial.
3.      UNDANG ORANG DALAM NEGERI                        
Undang orang dalam negeri adalah suatu undang yang mengatur tentang luko dipampeh, mati dibangun, nak bubini isi adat isi pusako, nak lari tuang lemago.
Adat mengatakan bahwa undang orang dalam negeri. Salah pauk membri pampeh, salah bunoh membri bangun, salah makan dimuntahkdan, salah tarik mengembali, salah pakai dipaluhuh, sesat surut, telangkah kembali, kufur taubat, gawa menyembah, utang dibayi, piutang diterimo, buruk dibaru, kumuh disesah, patah dititut, sumbin ditempe, buruk disilih, hilang diganti, bungkuk ditarah, kesat disepaleh, harto sekutu di belah duo, jauh diulong, dekat bijingok, yang tuo dimuliokan, yang mudo dihargai, yang kcik dikasihi, adat diisi, lemago dituang, undang diturut, sakit berubat, mati dikubur, salah butimbang hukum dijatuhkan.
Kata-kata yang terdapat dalam undang uhang dalam negeri adalah merupakan pedoman bagi pemangku adat dalam mengadakan perdamaian antara kedua belah pihak atas terjadinya pelanggaran adat didalam negeri setiap yang salah itu harus dihukum dijatuhkan
4.      UNDANG-UNDANG YANG DUA PULUH
      Menurut buku pengajian adat tigo luhah semurup, undang-udang yang dua puluh terbagi atas dua yaitu
  1. Undang-undang dua belas
  2. Undang-undang yang delapan
1)      Undang-undang dua belas terdiri dari dua macam:
1.1  Undang-undang enam dahulu
1.2   Undang-undang enam sekarang
2)      Undang-undang yang delapan
      Undang-undang yang delapan di bagi atas dua yaitu:
A.    Undang empat didarat
B.     Undang empat diair
a)      Undang –undang empat didarat yaitu:
a)      Remban butakuk
b)      Puwa menyeruak
c)      Lalang menyerumut
d)     Sepah yang melambun
b)      Undang-undang empat diair :
a)      Lapang sipangilan
b)      Layang –layang menyapu buih
c)      Beruk gedang dipeninjau
d)     Mujuk mengemba batang
Lawannyo itu empat:
a.       Berjamban-berjamban ru
b.      Tebung budengkek dengan undang
c.       Tepian bupaga baso
d.      Padang bupaga  malu
Lawannyo itu empat:
a.       Suyek melipi air
b.      Gunjing di lua koto
c.       Hasut
d.      Fitnah    
  1. Yang di katakan undang–undang enam yang dahulu yaitu menuju jalan tuduh, tuduh-tuduh uhang kemalin, tampo-tampo uhang kehilangan.
a)      Sebab anting jatuh enggang terbang gurun layu gajah nempuh
b)      Berjalan basah-basah
c)      Berjalan beregeh-regeh (bergegas).
d)     Dibawa pikat, dibawa langau
e)      Keno isik keno miyang.
f)       Ado orang membawa burito.
Apabila terdapat tanda tersebut diatas maka orang itu harus keno tuduh menurut adat yang biasa
  1. Undang-undang enam kemudian yaitu membawo kejalan cino/sak wasangka.Datang seorang meruncing tanduk. Sibengkeh kuning cenderung mato orang banyak, nyujung nyu idak, ngepit nyu idak, sanak bukan saudara bukan, nyu ado nempuh di situ uhang ado kehilangan haruslah nyu keno tuduh menurut adat yang biaso. Atau undang-undang enam kemudian:
a)      Terburu dia tidak
b)      Terlelah dia tidak
c)      Bertemu dia tidak
d)     Tertambang dia tidak
e)      Terikat dia tidak
f)       Tertangkap dia tidak

  1. Undang-undang samun terdiri dari:
a)      Samun sidundum duman
b)      Samun sibujang duman
c)      Samun sibanti duman
d)     Samun sigajah duman
Yang termasuk inu samun yaitu pertama dengki, kedua aniaya. Menurut adat yang di katakan samun sidundum duman yaitu samun yang terjadi di tengah negeri yang gedang, sidundum tepuk dengan pekik se iyak-iyak dengan buih, sekato tuo dengan mudo, sembunyi bujang dengan gadih, tuolah sianu itu mati anjing.
Samun sibujang duman yaitu samun yang terjadi antara negeri dengan negeri, antara pelak-pelak yang berjumbuk, antara banja yang berjilo panjang, antara jalan panjang dengan jalan pandak, tuolah samun sibujang duman.
Samun sibanti duman yaitu samun yang terjadi antara sesap degen beluka, antaro rimbo dengan melawo, antaro bukit dengen tinggi, antaro padun dinge padin,apabilo bertemu rumput yang lindu darah yang terpancang  bangkai yang tersulik, langan yang meranggang, tuo yang samunsi banti dumah.
Samun sigajah duman yaitu samun yang terjadi ditapak selulung rimbo balung, gung ajo batu baradamai,situlah tanah lebih idak bubagih, situlah uhang mauk idak mampeh,situlah membunuh idak membangun kalu pauk baleh dinge pauk,kalu membumuh baleh dinge membunuh,kalu tikan baleh dengen tikam,sapu dengen jantan ambek baleh, sapu dengen butino lahi situ. -